Chiffon Cake untuk Menu Dessert dari Caterig Sehat Jakarta

Stoica.id – Chiffon Cake untuk Menu Dessert dari Caterig Sehat Jakarta. Bahan chiffon cake dan bahan cake lainnya sebetulnya sama saja. Yang membuat berbeda justru metode pembuatannya. kuning telur dipisah dari putih telur (biasanya dalam pembuatan sponge cake, kuning dan putih telur dikocok bersamaan). Pengocokan putih telur ini perlu jadi perhatian agar cake sempurna hasilnya.

Metode pembuatan Chiffon cake Sebelum mengulas pengocokan putih telur, ada baiknya kita ketahui dulu metode pembuatan chiffon cake. Cake ini diawali dengan mencampur bahan kering dan bahan basah secara terpisah. Bahan kering terdiri dari tepung terigu, gula pasir, baking powder (kalau digunakan), cokelat bubuk (kalau      pakai), dan susu bubuk (kalau pakai). Bahan cair               terdiri dari susu/santan, dan atau krim, minyak, dan kuning telur. Bahan ini  disatukan lalu dituang ke dalam campuran tepung. Proses mencampur dilakukan dengan cara diaduk bukan dikocok dengan mikser.

Langkah selanjutnya adalah mengocok putih telur hingga mengembang yang kemudian dicampur dalam adonan kuning telur. Dari semua             proses itu, pengocokan putih telur yang      paling penting. Proses Pengocokan Mengocok putih telur harus   dilakukan di dalam wadah kering dan bebas dari lemak atau tetesan air. Putih telur sendiri pun harus bebas dari tetesan kuning telur. Pengocokan harus dilakukan dengan kecepatan sedang, bukan tinggi.

Pengocokan dengan kecepatan tinggi, membuat putih telur jadi kaku dan sulit diaduk atau dicampur dengan adonan lain. Pengocokan awal cukup dengan tambahan garam dan cream of tartar. Penambahan gula dilakukan bila putih telur sudah setengah mengembang, Mengembang Bukan Kaku Pengertian mengembang di sini, putih telur cukup foam, tetapi tidak kaku. Pengetesan bisa dilakukan bila putih telur yang dikocok terlihat sudah mengkilat. Colek putih telur.

Ujung colekan harus melengkung seperti paruh burung, tetapi lekukannya tidak boleh terlalu panjang atau lurus. Bila terlalu panjang, putih telur, harus dikocok kembali sebentar untuk kemudian dites kembali. Bila lurus, putih telur sudah terlalu kaku. Pengocokan yang benar akan menghasilkan chiffon cake yang lentur, lembut, tinggi, dan berpori (porinya tidak halus sekali, tidak besar sekali juga). Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *