Masih Banyak Celah untuk Overclocking ala NET89

Masih Banyak Celah untuk Overclocking ala NET89. Tidak ada yang spesial ketika melihat packaging graphic card ini untuk pertama kali, hanya ada unit graphic card R9­ 290, sebuah cd installerr driver, sebuah buku manual. Hanya jika kita melihat unit graphic cardnya, yang muncul adalah kesan takjub dengan bentuk pendingin IceQ X2 dengan dua pendingin yang kelihatan sangar dan besar. Hal yang menarik adalah adanya sticker OC.

Sepintas redaksi berfikir kalau graphic card ini sudah pre factory overclocked atau sudah di overclock dari pabrikan. Tapi ternyata “hanya” ada peningkatan 20Mhz dari reference. sedangkan clock memory masih sesuai reference dari AMD. Kemudian kami melihat hal yang unik,Graphic card ini dilengkapi 8pin x2. Dibandingkan dengan graphic card R9­290 dari produsen lainnya yang hanya menggunakan 8 pin dan 6 pin sebagai sumber dayanya.

Jadi label OC di graphic card ini dimaksudkan graphic card ini memang dipersiapkan untuk overclocking lebih tinggi dari default nya. Selain menggunakan pendingin IceQ X2 yang menggunakan 5 buah heatpipe, ada satu fitur berbeda dari graphic card ini dibandingkan dengan yang lain. Yaitu fitur Reinforce PCB, dimana PCB teknologi ini menjaga supaya PCB tidak melengkung ketika temperatur tinggi.

Cara kerjanya adalah backplate dari graphic card ini terintegrasi dengan sebuah bracket yang terpasang tepat dibawah fan graphic card ini. Seperti disebutkan sebelumnya, HIS dengan graphic card ini menawarkan kemudahan bagi pengguna dengan menyertakan sebuah software HIS iTurbo. Dengan menggunakan software tersebut, overclocking graphic card ini terasa sangat mudah.

Jika clock bawaan terasa kurang, dengan software tersebut kita dapat menaikan clock GPU maupun clock memory. mencoba meng­overclock graphic card ini untuk menguji performanya dengan cara menaikkan 100MHz GPU clock dan 100MHz Memory clock. Terlihat skor yang dihasilkan pada benchmark sintetis sangat signifikan dibandingkan kondisi default. Backplate tidak hanya untuk pelepasan panas, namun juga berfungsi menjaga PCB tidak melengkung karena panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *