Tak Sekadar Bisnis Jual Beli Properti

Perkembangan perangkat mobile yang pesat juga ikut membawa perubahan di bidang lain. Diantaranya situs berbasis web yang mulai merambah versi mobile guna makin memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Salah satunya yaitu situs Rumah.com yang awalnya merupakan situs properti berbasis web. Setelah sukses membangun situs online, Rumah. com menghadirkan aplikasi mobile untuk kemudahan akses dari ponsel. Melalui aplikasi ini, konsumen dapat dengan mudah mencari informasi tentang properti yang terdiri dari tanah, apartemen, kondominium, serta rumah (baik untuk disewa atau dijual) berdasarkan lokasi, harga, dan ukuran. Hingga kini aplikasi tersebut sudah tersedia di perangkat berbasis iOS, Android, dan Blackberry melalui store masing-masing.

Tak Sekadar Bisnis Jual Beli Properti

User interface

Halaman muka menampilkan sembilan kategori seputar layanan mereka. Dengan desain sederhana, Rumah.com memang mengutamakan isi konten serta kemudahan penggunaan. Kesederhanaan terlihat pada tiap halaman yang hanya menampilkan teks serta gambar statis saja. Hal ini menjadi nilai lebih dimana pengguna bisa mengaksesnya dengan lebih ringan dan lancar menggunakan ponsel dari segala jenis. Fitur Fungsi utama dari aplikasi ini adalah menyajikan beragam informasi seputar pencarian properti. Untuk itu telah tersedia beragam daftar properti yang dijual ataupun disewa lengkap dengan keterangan detail mengenai setiap properti yang ditampilkan.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail, Anda tinggal memilih salah satu kategori untuk masuk ke sub kategori tertentu. Anda bisa memanfaatkan tiga kategori yaitu Pencarian Properti, Direktori Properti, dan Rumah Baru. Masing-masing kategori menampilkan spesifik dari kebutuhan metode pencarian yang diinginkan. Hasil pencarian yang didapat akan ditampilkan berupa daftar yang tersusun berdasar kategori yang telah Anda tentukan. Contohnya Rumah Baru yang menyajikan daftar penawaran paling terbaru yang ditelah dipasang oleh para pemasang iklan. Keterangan yang tercantum pada tiap rumah berupa deskripsi singkat serta contact person yang bisa langsung dihubungi via telepon atau email. Tidak hanya itu, informasi tersebut juga disertakan foto serta peta guna memudahkan penampakan lokasi.

Khusus untuk tampilan peta, Anda mesti mengaktifkan fitur GPS terlebih dahulu. Karena Rumah.com merupakan bagian dari Grup PropertyGuru yang berbasis di Singapura, aplikasi ini tidak hanya menyediakan pencarian properti di Indonesia saja, tetapi juga dari mancanegara. Kawasan mancanegara yang ditampilkan terdiri dari 10 kawasan yang terdiri dari India, Singapura, United Kingdom, Australia, Cyprus, Malaysia, Thailand, Germany, Spain, Switzerland. Yang menarik, Anda juga bisa menemukan para agen independen yang telah bekerja sama dengan Rumah.com dengan menayangkan profil mereka sesuai bidangnya masing-masing. Anda bisa menentukan sendiri para agen tersebut sehingga dapat membantu Anda dalam memilih properti yang sesuai dengan keinginan.

Kinerja

Dengan tampilannya yang sederhana, aplikasi ini seharusnya mampu bekerja dengan cepat. Sayangnya, beberapa fungsi ditampilkan dengan agak lambat. Contohnya saat membuka direktori maupun pencarian data. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh banyaknya database yang dimiliki sehingga berpengaruh terhadap lambatnya menampilkan seluruh data yang dimilikinya. Hal ini tetap berlangsung meski koneksi internet sedang dalam kondisi normal dan stabil. Bahkan beberapa kali, kami mendapati tampilan peta tidak sempurna meski GPS telah diaktifkan.

Diluar itu, aplikasi ini menyediakan segala konten cukup lengkap yang bisa menjadi referensi dalam mencari informasi seputar properti. Inovasi Aplikasi ini dilengkapi pula dengan beberapa fitur tambahan seperti Kalkulator yang akan mengkalkulasikan simulasi pinjaman dengan hanya mencantumkan harga properti, bunga tahunan, lama pinjaman, serta biaya pembayaran bulanan. Selain itu, fitur Berita Properti menyajikan segala berita dan informasi seputar properti yang disadur dari berbagai media dari dalam maupun luar negeri. Inovasi inilah yang menjadi daya tarik tambahan bagi Rumah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *