Main Lempar-Tangkap Bola

Untuk anak usia dini, bermain merupakan sebuah proses belajar untuk merangsang kecerdasannya: mengasah indra, melatih otot-otot, menguasai bahasa, mengeksplorasi dunia sekitar, bernalar, bersosialisasi, dan mengenal diri sendiri. Banyak permainan mencerdaskan yang menyenangkan untuk dicoba dilakukan bersama si kecil di rumah. Sempatkan paling tidak 10 menit sehari. No gadget, no TV!

Baca juga : kursus bahsa Jerman di Jakarta

Meski terlihat sederhana, melambung dan menangkap bola membutuhkan koordinasi mata dan anggota tubuh lainnya yang bagi anak mungkin tak mudah. Tapi itu bukan masalah. Berikan saja kesempatan padanya untuk terus mencoba. Makin lama kemampuan ini akan makin terasah. Menyenangkan dan banyak manfaatnya. PERALATAN: Bola plastik berdiameter 30 cm atau sesuaikan dengan postur anak.

PANDUAN BERMAIN 1. Contohkan pada anak bagaimana melambungkan bola ke atas kemudian menangkapnya lagi. Lakukan beberapa kali sampai anak terlihat paham. Setelah itu berikan kesempatan padanya untuk coba melakukan sendiri. 2. Mintalah anak memerhatikan saat bola melambung ke atas, sehingga ia bisa mengantisipasi jatuhnya bola. Kalau anak tampak ragu atau “takut” melihat bola jatuh, Mama dan Papa bisa menyemangatinya dengan berseru, “Tangkap bolanya !” 3. Kalau ternyata setelah dicoba beberapa kali bolanya masih jatuh ke tanah, bantulah menangkapnya lalu berikan pada anak untuk dicoba lagi.

4. Supaya seru, saat bola melambung ke atas, Mama dan Papa bisa memberi instruksi, “Ke atas!” begitu juga saat bola jatuh ke bawah, berserulah, “Ke bawah!” 5. Kalau anak sudah terlihat mahir, mintalah padanya mencoba menangkap bola dengan tangan saja tanpa mengenai anggota tubuh lainnya, semisal dada atau badannya. Kalau sesekali masih salah, abaikan saja, jangan mendesaknya . 6. Setelah anak benar-benar mahir, tak ada salahnya membuat hitungan berapa kali bola yang dilambungkannya dapat ditangkap dengan tepat tanpa meleset. Ini bermanfaat untuk mengukur kemajuan kemampuannya.

Kecerdasan Yang Dikembangkan

KECERDASAN KINESTETIK-JASMANI Terutama melatih keterampilan motorik kasar serta koordinasi mata dan tangan. Mengembangkan sensitivitas indra peraba. Juga bisa melatih keseimbangan badan agar tidak jatuh saat menangkap bola. KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS Mengajari anak membilang dalam urutan (1, 2, 3, dan seterusnya). KECERDASAN VISUAL-SPASIAL Mengembangkan pemahaman tentang “atas” dan “bawah”. KECERDASAN INTRAPERSONAL Mengembangkan keyakinan diri anak saat menangkap bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *